Ahmad Basuki Apresiasi Atas Disahkanya Perpres Pendanaan Pesantren

Gantaranews.com, Lampung Timur – Ketua fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kabupaten Lampung Timur, H. Ahmad Basuki, M.Pd.I mengapresiasi atas disahkan Perpres No 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren yang telah diteken Presiden Jokowi. Menurutnya Perpres ini sudah sejak lama diperjuangkan oleh ketua umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI.

“Berkat perjuangan Gus Ami Ketua Umum DPP PKB, akhirnya Perpres Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren telah resmi disahkan. Artinya, Dengan keluarnya PP Dana Abadi Pesantren ini, maka Pemerintah sudah membuat Peraturan turunan yang legal untuk melaksanakan UU Pesantren, ujar politisi muda PKB yang akrab disapa Mas Abas.

Menurutnya, lanjut Abas, perpres tersebut merupakan ketentuan pelaksanaan teknis Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren, khususnya Pasal 49 ayat 1 dan 2 mengamanatkan tentang dana abadi pesantren.

Ketentuan itu, kata Abas, mewajibkan pemerintah untuk menyediakan anggaran pesantren serta pembentukan dana abadi pesantren yang bersumber dari dana pendidikan.

Ketua Fraksi PKB DPRD Lampung Timur yang jugamenjabat sebagai pengurus DPW PKB Lampung ini menjelaskan bahwa pengesahan Perpres tersebut merupakan bentuk apresiasi negara terhadap jasa yang sudah diberikan elemen pondok pesantren bagi bangsa selama ini.

“Hal ini merupakan bentuk kehadiran nyata pemerintah dalam fasilitas anggaran, bahwa pondok pesantren dengan pendidikan umum mempunyai hak yang sama dalam memperoleh hak budget serta memperoleh anggaran. Selanjutnya, Kehadiran perpres ini akan menjadi payung hukum bagi pemda untuk mengalokasikan APBD untuk pengembangan pesantren”, Pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *