Kementerian Keuangan Apresiasi Pemkab Lamsel Pertahankan Opini WTP 5 Kali Berturut-turut

 

Gantaranews.com, ALIANDA – Kementerian Keuangan RI melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Lampung mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan yang berhasil mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Pemkab Lampung Selatan berhasil meraih Opini WTP berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Provinsi Lampung atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 untuk yang kelima kali secara berturut-turut.

Atas capaian itu, Pemkab Lampung Selatan kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan RI berupa plakat dan piagam tertanda Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Penyerahan plakat dan piagam penghargaan dilakukan Kepala Bidang Pembinaan Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (PAPK) Puji Supriyanti kepada Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto di ruang konferensi video, rumah dinas bupati setempat, Senin (8/11/2021).

Hadir juga dalam acara itu, sejumlah Kepala Seksi DJPb Provinsi Lampung, Sekretaris Daerah Kabupaten Thamrin serta sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Kepala Bidang PAPK Puji Supriyanti selaku Pelaksana Harian Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Lampung menyampaikan, penghargaan itu merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan kepada Pemkab Lampung Selatan yang mampu mempertahankan Opini WTP dari BPK RI untuk yang kelima kalinya.

“Jadi sebagaimana kita ketahui, setiap tahun pemerintah menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh pemerintah daerah yang mendapat Opini WTP atas hasil audit dari BPK. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilan Pemkab Lampung Selatan yang kembali mendapat Opini WTP,” ujarnya.

Puji Supriyanti menambahkan, sangat tidak mudah untuk mempertahakan Opini WTP sampai lima kali berturut-turut. Terlebih laporan keuangan pada masa pandemi COVID-19.

“Kita ketahui bersama pada tahun 2020 itu kondisinya sangat luar biasa, banyak hal-hal yang tidak terduga. Jadi kalau bukan karena keseriusan dan kerja keras pak bupati, sinergi seluruh jajaran, itu bisa kita bayangkan laporan keuangannya seperti apa. Sekali lagi kami sampaikan selamat, ini (WTP) sudah yang kelima kali berturut-turut,” kata Puji Supriyanti.

Sementara, dikesempatan itu, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengucap syukur dan berterimakasih kepada semua pihak sehingga Kabupaten Lampung Selatan kembali meraih Opni WTP dari BPK RI untuk yang kelima kali secara berturut-turut.

“Alhamdulillah, ini yang kelima. Capaian dan prestasi yang diraih ini bukan karena Nanang yang hebat, tapi ini berkat kerja keras seluruh jajaran dari pemerintah kabupaten hingga tingkat desa. Ini berkat kebersamaan dan gotong-royong yang kita bangun,” kata Nanang.

Bupati Nanang mengatakan, raihan Opini WTP untuk yang kelima kali secara berturut-turut hendaknya lebih memotivasi aparatur Pemkab Lampung Selatan untuk menyajikan pengelolaan keuangan yang lebih baik, jelas dan transparan pada masa mendatang.

“Ini (penghargaan) menjadi modal kepercayaan dalam menjalankan roda pmerintahan yang semakin baik kedepan. Mudah-mudahan kedepan bisa terus kita pertahakankan,” tandasnya.

Diketahui, Pemkab Lampung Selatan juga berhasil mendapat predikat WTP pada 2016-2019. Tahun ini, Kabupaten Lampung Selatan kembali memperoleh Opini WTP dari BPK RI. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.