Akibat Hujan Deras, Pemukiman & Puluhan Hektar Sawah di Tanggamus Banjir

Gantaranews.com, Tanggamus – Wilayah Kebandakhan Pertiwi, Kecamatan Cukuhbalak, Kabupaten Tanggamus dilanda banjir akibat diguyur hujan deras, adapun banjir merendam permukiman dan puluhan hektar persawahan di Pekon (Desa) Sukapadang, Sabtu (25/12/2021).

Rendaman banjir akibat melupanya Way (sungai) Pertiwi dan Way Randu dipastikan merusak tanaman padi milik petani yang sebagian besar tengah siap panen.

Selain merendam persawahan, kata Apriyadi, banjir juga merendam sedikitnya 40 rumah warga dan balai pekon dengan ketinggian air antara 50-100 sentimeter.

Banjir juga merendam tanaman cabai, jahe, pisang, dan pepaya serta tanaman lainnya.

Sebagian warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih tinggi untuk mengantisipasi air semakin tinggi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun para petani memperkirakan kerugian ratusan juta rupiah.

Dikatakan Apriyadi, banjir terjadi akibat tingginya intensitas hujan, Sabtu (25/12/2021) sejak pukul 12.30 WIB. Akibatnya air Way Pertiwi yang sudah mengalami pendangkalan meluap hingga menggenangi perkampungan, persawahan dan jalan.

“Kondisi ini diperparah dengan tanggul Way Randu sepanjang lebih kurang 200 meter jebol, dan air langsung masuk rumah,” kata dia.

Mulkan Zen, Kepala Pekon Kejadianlom, Kecamatan Cukuhbalak menambahkan, selain Sukapadang, sejumlah pekon di Pertiwi juga terdampak banjir,  seperti Pekon Kejadianlom, Gedung, Banjar Negeri, Tanjung Raja, Tanjung Jati, Way Rilau, dan Sukaraja. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.