Webinar Cerdas Menonton TV Digital, Songsong Analog SWITCH OFF

Gantaranews.com, Lampung – Ratusan peserta sangat antusias mengikuti webinar bertajuk Cerdas menonton TV digital yang di selenggarakan oleh Tim Edukasi dan Komunikasi Publik Analog Switch Off Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rabu 23/03/2022.

Ratusan Peserta itu berasal dari berbagai provinsi dan kota, webinar melalui zoom meeting itu di mulai pukul 13.00 Wib dan selesai menjelang wakti sholat asar yakni 15.00 WIB.

ketiga narasumber menyampaikan materinya secara bergantian, materi yang disampaikan tidak jauh dari tema cerdas menonton tv digital.

Adapun ketiga materi tersebut adalah Haryukresno Widhipitranto BE yang merupakan Subkoordinator Kelayakan Teknologi Penyiaran, Budi Jaya Ketua KPID Lampung, serta Tulus Tampubolon corporate secretary Nusantara TV.

Tulus Tampubolon yang merupakan corporate secretary Nusantara TV menjelaskan bahwa dari segi tampilan, siaran digital jauh lebih baik daripada analog, selain itu iya juga membahas persiapan siaran tv baru, antara lain yang harus dipenuhi bagi pengiayar tv baru adalah sebagi berikut.

LPS Penyelenggara Multipleksing harus membangun infrastruktur sesuai komitmennya termasuk dalam. penyediaan distribusi setopbox, selain itu pabrik setopbox TV Digital harus melakukan penetrasi keseluruh wilayah market nasional.

Setelah materi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, ada 5 peserta yang di persilahkan untuk bertanya, dari 5 peserta itu ada satu penanya yang dari lampung tengah, Ia adalah dedi.

Dedi bertanya terkait regulasi setopbox dan distribhsi kepada masyarakat jika kelak akhir bulan april akan dimatikan siara Analog nya.

Kemudian dijawab oleh pemateri bahwa semua regulasi telah diatur oleh pemerintah  termasuk pendistribusian setopbox yang sebagian masyarakat prasejahtera dan terdata di kemensos akan diberikan secara gratis.

Pemateri juga menambahkan bahwa harga setopbox tidaklah terlalu mahal, masih terjangkau oleh masyarakat, ia berkisar antara 100 ribu sampai 400 ribuan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.